Tabel Capaian Pembelajaran – Tujuan Pembelajaran – Alur Tujuan Pembelajaran
No | Capaian Pembelajaran (CP) | Tujuan Pembelajaran (TP) | Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) |
---|---|---|---|
1 | Pada akhir fase E, peserta didik mampu menerapkan strategi algoritmik standar untuk menghasilkan beberapa solusi persoalan dengan data diskrit bervolume tidak kecil pada kehidupan sehari-hari maupun implementasinya dalam program komputer. | Murid dapat menjelaskan konsep dasar algoritma dan data diskrit melalui contoh sederhana dari kehidupan sehari-hari dengan benar (≥ 80% konsep teridentifikasi dengan tepat). | - Murid mengamati fenomena sehari-hari (misalnya antrean di kasir) sebagai contoh data diskrit.- Murid mendiskusikan apa itu algoritma dan mengidentifikasi langkah-langkah sistematis dalam aktivitas tersebut.- Murid membuat catatan ringkas tentang perbedaan data diskrit vs kontinyu. |
2 | (sama) | Murid dapat menganalisis suatu persoalan berbasis data diskrit dan memilih strategi algoritmik standar (seperti pengurutan atau pencarian) dengan benar pada ≥ 2 studi kasus berbeda. | - Murid diberikan 2–3 studi kasus (misalnya pencarian nama di daftar siswa atau pengurutan nilai ujian).- Murid menentukan jenis data diskrit yang digunakan.- Murid mendiskusikan algoritma apa yang paling efisien untuk menyelesaikan masalah tersebut.- Murid membandingkan dua algoritma berdasarkan jumlah langkah (kompleksitas). |
3 | (sama) | Murid dapat merancang algoritma sendiri dalam bentuk pseudocode atau flowchart untuk menyelesaikan satu persoalan kehidupan sehari-hari yang melibatkan data diskrit dengan tingkat keberhasilan minimal 80%. | - Murid memilih masalah nyata (misalnya pengelompokan data belanja mingguan).- Murid membuat draft algoritma dengan pseudocode atau flowchart.- Murid menguji rancangan dengan contoh data dan merevisi jika ditemukan kesalahan logika.- Murid mempresentasikan solusi algoritmiknya di depan kelas. |
4 | (sama) | Murid dapat menerapkan algoritma yang telah dirancang ke dalam program komputer sederhana (misalnya menggunakan Python) dan memvalidasi hasilnya dengan ≥ 2 set data uji. | - Murid mempelajari sintaks dasar Python untuk struktur data list.- Murid mengubah pseudocode/flowchart menjadi kode program.- Murid menguji hasil program dengan data uji kecil dan besar.- Murid merefleksikan efisiensi program dan membuat laporan hasil. |
Keterangan Penyusunan
-
Audience (A): Selalu dimulai dengan "Murid dapat...".
-
Behavior (B): Menggunakan kata kerja operasional seperti menjelaskan, menganalisis, merancang, menerapkan.
-
Condition (C): Diberikan konteks nyata, misalnya "melalui contoh sehari-hari", "dengan pseudocode", "menggunakan Python".
-
Degree (D): Ditetapkan tingkat pencapaian, misalnya "≥ 80% benar", "pada 2 studi kasus", atau "dengan 2 set data uji".
Apakah Anda ingin saya buatkan 1 set lengkap tabel CP–TP–ATP untuk seluruh semester (misalnya 6–8 topik) dengan pola ini?
0 Comments